OKTANA.ID, SURABAYA- Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mendominasi pemenang ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.
Dari ajang tersebut, Jawa Timur mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dalam lomba video kreatif BBWI atau Bangga Berwisata di Indonesia aja kategori provinsi.
Untuk tema Destinasi Wisata, Jawa Timur menempati posisi pertama di atas Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.
Pada tema Event Daerah, Jawa Timur juga berada di puncak posisi pertama di atas Kepulauan Riau, Bali, Jawa Tengah dan Sumatera Barat.
Sedangkan untuk tema kuliner, Jawa Timur di posisi tiga di bawah Kalimantan Tengah dan Bali serta di atas Riau dan Maluku.
Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno di Jakarta, Senin (17/7/2023) malam.
Penghargaan untuk Jawa Timur tersebut diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono mewakili Gubernur Jawa Timur.
“Alhamdulillah Jawa Timur mendominasi perolehan penghargaan APPI 2023. Penghargaan dari Kemenparekraf ini menjadi bukti bahwa mempromosikan potensi pariwisata lokal menjadi bagian yang sangat penting,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (19/7/2023).
“Kita lihat dari sisi digitalnya, ada juga lomba video pendek, dan penayangan dari beberapa wisata desa dan wilayah. Tentu hal ini sangat bagus untuk saling bisa mempromosikan wisata alam, budaya hingga kuliner Jawa Timur secara luas,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Hudiyono menambahkan, di era digital saat ini promosi pariwisata secara digital melalui video kreatif menjadi sebuah kebutuhan.
“Hampir setiap orang memegang gawai dengan akses jaringan internet. Melihat media sosial dan berselancar di dunia maya. Dengan konsep video kreatif promosi pariwisata yang menarik dan sinematik, tentu akan memanjakan mata yang melihat. Efeknya, bisa menggugah selera untuk mencoba berwisata di Jawa Timur,” jelasnya.
Sementara, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kreativitas pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisata daerah.
“Terutama destinasi wisata, event daerah yang sudah masuk KEN (Karisma Event Nusantara) atau belum, seni budaya yang sangat beragam hingga kuliner yang sangat unik dan menarik,” tuturnya.
Menurutnya, potensi industri pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kemampuan enam kali lipat dalam menciptakan lapangan kerja dibanding sektor lain.
“Di sektor parekraf ini mampu bertahan karena tangguh dengan kreativitas dan imajinasi dari para pelakunya. Pemerintah harus memberikan ruang agar mereka (anak-anak muda yang kreatif) mampu menciptakan terobosan,” ujarnya.
Di akhir penganugerahan, Sandiga Uno juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba video kreatif BBWI dan juga berharap inovasi dan kreativitas dari pemerintah daerah bisa terus ditingkatkan untuk mendukung target kunjungan 1,4 miliar kunjungan wisata dan 4,4 juta lapangan kerja dari sektor parekraf di tahun 2024 mendatang.
Editor: Beatrix