OKTANA.ID, KEDIRI– Produk-produk dari Kota Kediri dipamerkan pada Indonesia City Expo (ICE) 2023 dalam rangka Rakernas Apeksi XVI, di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar. Indonesia City Expo (ICE) yang merupakan pameran promosi kota se Indonesia berlangsung mulai tanggal 12 hingga 15 Juli 2023. Berbagai produk yang dipamerkan mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan.
Pada booth Kota Kediri di tahun ini menampilkan produk-produk IKM andalan Kota Kediri, salah satunya ada tepung gluten free. Dimana tepung ini telah dieksor ke beberapa yaitu di Australia, Eropa dan Amerika. Ada pula tenun ikat Kota Kediri turut dipamerkan. Seperti kain, sarung goyor, syal, dan produk turunannya. Lalu ada kerajinan dari batok kelapa, adapula tas kombinasi kulit dan tenun yang telah dipasarkan nasional.
Tak ketinggalan produk-produk makanan khas Kota Kediri juga dipamerkan. Sambel pecel, stik tahu, hingga aneka keripik turut mewarnai booth Kota Kediri. Bahkan keripik tempe Kota Kediri sudah diekspor ke Arab Saudi.
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyebut mengikuti pameran ICE pada Apeksi menjadi kesempatan bagi para pengrajin untuk memperluas pasar. Sehingga produk-produk dari Kota Kediri semakin dikenal dan industri kerajinan yang ada pun menjadi besar. Mengikuti pameran ini juga membantu peningkatan kemampuan dalam menampilkan produk maupun ciri khas tiap kota sehingga cukup membantu para pelaku usaha khususnya UMKM memamerkan ke kota lain di Indonesia.
“Jadi mengikuti pameran semacam ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Kediri untuk membuat produk-produk unggulan Kota Kediri semakin eksis. Pasar produk UMKM pun juga semakin luas dengan pameran ini,” ujarnya Rabu (12/7).
Abdullah Abu Bakar menambahkan selain mengikuti pameran, untuk memperluas pasar Pemerintah Kota Kediri juga mendorong UMKM untuk go digital. Pemerintah Kota Kediri telah memberikan berbagai pelatihan pemasaran digital ini. Harapannya produk-produk dikenal lebih luas dan UMKM Kota Kediri bisa menjadi besar. Apalagi saat ini banyak masyarakat gemar belanja online.
“Kita kerjasama dengan beberapa e-commerce untuk membantu memasarkan produk kita. Kalau sudah masuk digital, pasar mereka akan jauh lebih luas,” imbuhnya.
Editor: Srinan