OKTANA.ID– Seiring dengan banyaknya tuntutan sebuah perusahaan, baik disektor pemerintahan maupun diperusahaan swasta yang mencantumkan kualifikasi atau persyaratan, dimana harus menguasai aplikasi software khususnya dalam hal pengimputan data melalui program microsoft excel, tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi para generasi muda atau jobseeker. Pasalnya, tidak semua orang mampu mengoperasikan program microsoft excel ini dengan mahir, bahkan tak jarang pula bagaimana cara menggunakan aplikasi yang penuh dengan kolom-kolom ini. Sebelum membahas mengenai rumus-rumus dasar Microsoft excel yang wajib diketahui oleh pemula, sekilas fungsi-fungsi dari microsoft excel:
- Untuk membuat, mengatur atau mengedit data, mengurutkan data setelah diedit, menganalisa tiap-tiap data yang telah diedit, dan kemudian meringkasnya.
- Untuk mempermudah dalam melakukan perhitungan statistika dan aritmatika.
- Untuk membuat berbagai macam grafik dan diagram, tanpa harus memindai data 2 kali.
- Untuk membantu menyelesaikan perhitungan matematika dan soal-soal yang berkaitan mengenai logika.
- Dan untuk membuat catatan laporan keuangan, anggaran serta mempermudah dalam penyusunannya.
Microsoft excel menjadi sebuah program yang tentunya akan menjadi sebuah nilai atau point plus, bagi seseorang yang mampu menggunakan microsoft excel guna menunjang aktivitasnya sehari-hari dalam bekerja. Tak hanya sebagai software yang berisi kolom-kolom saja, tetapi didalam microsoft excel juga terdapat rumus-rumus penting yang perlu diketahui dan juga dipelajari, untuk mempermudahkan kita saat dalam menginput data dan menghemat waktu karena lebih efisien dengan menggunakan microsoft excel ini.
Adapun 14 rumus dasar yang wajib diketahui oleh pemula, dalam mengoperasikan Microsoft excel ini. :
- =TEXT
Fungsi : Formula ini digunakan untuk mengubah angka ke dalam format tertentu. Nah! Formula text ini biasanya hanya akan muncul berupa angka ditampilan, namun jika kita mau mengeceknya menggunakan formula TEXT INI bahwa angka tersebut bisa jadi sebuah teks yang berisi rahasia.
- =EXACT
Fungsi : Formula ini digunakan untuk membandingkan 2 text. Formula EXACT sangat berfungsi untuk menjadi pembanding diantara 2 text yang ada.
- =SUBSTITUTE.
Fungsi : Formula ini digunakan untuk mengganti teks tertentu dalam cell dengan teks lain. Formula SUBSTITUTE akan mempermudah kita dalam membuat sebuah data, yang mana data tersebut sangatlah banyak. Bisanya formula ini sangat berguna untuk membuat nama orang yang berbeda dipenamaan sebuah undangan.
- =COUNT
Fungsi : Formula ini digunakan untuk menghitung cell yang berisi angka. Formula COUNT membuat kita tidak perlu susah payah memghitung secara manual, mengenai banyaknya angka karena secara otomatis dengan menggunakan formula ini akan muncul hasilnya data.
- =TRIM
Fungsi : Formula ini digunakan untuk hapus spasi yang berlebih pada data. Terkadang dalam mengerjakan atau mengetik suatu kalimat, tanpa kita sadari terdapat adanya typo. Nah typo tersebut bisa berupa spasi yang berlebih pada data.
- =FREQUENCY
Fungsi : Formula ini digunakan untuk menghitung seberapa sering suatu nilai muncul dalam suatu rentang cell. Formula FREQUENCY sangatlah berperan penting dalam penghitungan statistika yakni untuk mencari modus dari data-data yang ada.
- =CONCATENATE
Fungsi : Formula ini digunakan untuk menggabungkan beberapa teks dari cell yang berbeda ke dalam satu cell. Formula CONCATENATE akan membantu dalam penggabunga beberapa teks dari banyaknya data-data yang ada, dimana tidak akan membuang-buang waktu dengan memindai satu per satu data.
- =OR
Fungsi : Formula ini digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE jika nilainya sesuai dengan logika yang diuji error. Formula OR akan membantu menemukan titik terang dari adanya ketidakvalidan data yang ada, yang secara otomatis kan membantu menemukan jawaban dari data yang hendak dicocokkan
- =COUNTIF
Fungsi : Formula ini digunakan untuk menghitung jumlah cell yang sesuai dengan kriteria tertentu. Formula COUNTIF bertujuan untuk menghitung banyaknya cell yang hendak dibutuhkan, sesuai dengan data sehingga tidak perlu lagi repot-repot untuk menghitung cell secara manual dan mecocokkannya dngan data yang ada
- =AVERAGE
Fungsi : Formula ini digunakan untuk menghitung rata-rata nilai. Formula AVERAGE biasanya digunakan untuk perhitungan nilai rata-rata yang sangat penting digunakan oleh seseorang yang berprofesi sebagai tenaga pendidik atau pengajar pada saat selesai melaksanakan ujian..
- =NOT
Fungsi : Formula ini digunakan untuk membalikkan nilai TRUE jadi FALSE dan sebaliknya. Formula NOT biasanya bertujuan untuk menyesuaikan atau mencocokkan antara data 1 dengan data lainnya yang saling berkaitan dan mencari tahu mana yang sesuai.
- =AND
Funsgi : Formula ini digunakan untuk menghasilkan nilai TRUE kalau nilainya sesuai dengan logika rumus. Formula AND tidak jauh berbeda dengan formula NOT, yang mana akan lebih efisien untuk menyesuaikan atau mencocokkan keterkaitan antara data 1 dengan data lainnya.
- =IFERROR
Fungsi : Formula ini digunakan untuk mengeluarkan nilai tertentu jika nilai logika yang diuji error. Formula IFERROR ibaratnya adalah sebuah jalan pintas atau bahkan jalan ninja, apabila dalam suatu data yang hendak diolah tidak menghasilkan nilai atau nilainya error. Maka jalan ninjanya adalah dengan menggunakan formula IFERROR ini.
- =DATEIF
Fungsi : Formula ini digunakan untuk menghitung umur atau durasi waktu tertentu. Penggunaan formula DATEIF ini, biasanya akan berguna untuk memprediksi atau menghitung adanya suatu penambahan atau pengurangan data dalam kurun waktu tertentu.
Nah, selain 14 rumus dasar Microsoft excel yang wjaib diketahui oleh pemula untuk meningkatkan skillsnya dalam mengoperasikan Microsoft excel, ada juga formula-formula penting lainnya yang wajib juga kamu kuasai untuk para pemula, seperti SUM, MAX, SUMIF dan masih banyak lagi. Formula-formula tersebut tentunya tidak akan pernah lepas dari tata cara menyelesaikan pekerjaan yang kamu lakukan setiap hari, supaya agar cepat selesai dan dapat terselesaikan dengan baik.
Penulis: Erika
Editor: Srinan